Sabtu, 28 November 2009

Akademi Kimia Analisis Bogor


Akademi Kimia Analisis (AKA) didirikan di Bogor pada tahun 1959 oleh Departemen Perindustrian Rakyat untuk menyelenggarakan program Sarjana Muda dengan tujuan untuk menyediakan analis tingkat akademi yang diperlukan oleh Balai Penelitian Kimi Bogor (sekarang Balai Besar Industri Agro Bogor).
Sejak tahun 1981 berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Perindustrian serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 278/M/SK/VI/81 dan Nomor 1816/U/1981, AKA dinyatakan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan professional program Diploma III. Saat ini AKA Bogor adalah salah satu perguruan tinggi milik Departemen Perindustrian.
Sebagai unit pendukung perindustrian, tugas AKA Bogor adalah untuk menyediakan SDM Kimia Analisis yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan dan mengembangkan industri. Untuk menjadi negara industri maju, industri memerlukan tambahan SDM Kimia Analisis yang cukup besar dari segi jumlah maupun dari segi kualitas dan tingkat keahlian.
Sasaran tingkat keahlian pendidikan ini adalah kemampuan analis kimia secara mandiri, mampu mengembangkan keahliannya, mampu membina bawahannya dan memiliki dan dasar keahlian manajerial. Lulusan AKA berhak menggunakan sebutan Ahli Madya (A.Md).
Pada tahun 2002, AKA Bogor mendapatkan sertifikat akreditasi perguruan tinggi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) dengan peringkat B (skor 343 dari nilai minimal 361 untuk peringkat A pada skala maksimal 400).
sumber: Wikipedia

2 komentar: